;

Abstrak


Implementasi program gerakan literasi sekolah (GLS) pada tingkat SMA di kabupaten Deli Serdang


Oleh :
Fahmi Ashari S. Sihaloho - S991702005 - Sekolah Pascasarjana

enelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk memperoleh bukti empirik pelaksanaan program gerakan literasi sekolah tingkat SMA di Kabupaten Deli Serdang; 2) Untuk memperoleh bukti empirik faktor penghambat pelaksanaan program gerakan literasi sekolah tingkat SMA di Kabupaten Deli Serdang; 3) Untuk  memperoleh  bukti  empirik  mengenai  upaya  yang  dilakukan  dalam mengatasi  hambatan  dan  mendorong  pelaksanaan  program  gerakan  literasi sekolah tingkat SMA di Kabupaten Deli Serdang.
Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif dengan strategi fenomenologi. Situasi sosial dalam penelitian ini bertempat di SMA Negeri 1
Lubuk Pakam dan SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Sampling yang digunakan adalah Purposive dan Snowball Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur, observasi non partisipan, studi dokumen. Cara yang digunakan untuk memvalidasi data adalah  dengan melakukan uji kepercayaan yang di dalamnya terdapat perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan bahan referensi serta uji kebergantungan. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah teknik analisis data model interaktif yang di dalamnya terdapat aktivitas dalam menganalisis data yaitu data reduction, data display, dan conclution: drawing/verifying.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Implementasi program GLS tingkat SMA di Kabupaten Deli Serdang sudah baik; 2) Adapun hambatan dalam implementasi program GLS terdiri dari dua masalah utama yaitu pengelolaan program GLS yang masih harus disempurnakan dan sarana prasarana berupa bahan bacaan pendukung program GLS yang masih berasal dari peserta didik; 3) Rekomendasi yang dapat dilakukan untuk mendukung keberjalanan program GLS yaitu sekolah yang melaksanakan program GLS perlu untuk bekerjasama dengan berbagai pihak baik internal maupun eksternal demi kelancaran program.


Kata Kunci :   Kemampuan Literasi Siswa, Gerakan Literasi Sekolah, Sekolah Menengah Atas