Abstrak


Aplikasi gaya mengajar inklusi untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah, passing atas dan passing bawah bolavoli mini pada siswa kelas V SD Negeri 2 Gedaren kabupaten Klaten tahun ajaran 2015/2016


Oleh :
Fauzul Muflih Darmawan - K4609040 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah, passing atas dan passing bawah bolavoli mini melalui gaya mengajar inklusi pada siswa kelas V SD N 2 Gedaren Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2Gedaren yang berjumlah 25 Siswa yang terdiri dari 11 siswa putra dan 14 siswa putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi atau arsip.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Dari hasil analisis data yang diperoleh dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, kemampuan dan hasil belajar servis bawah, passing atas dan passing bawah bolavoli minisiswa mencapai 64% atau sebanyak 16 siswa dari 25 siswa yang sudah masuk kriteria tuntas. Pada siklus II, kemampuan servis bawah, passing atas dan passing bawah bolavoli minidan hasil belajar siswa meningkat mencapai 88% atau sebanyak 22 siswa dari 25 siswa telah mencapai kriteria tuntas sedangkan 3 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 75.
Dari hasil belajar servis bawah, passing atas dan passing bawah bolavoli mini yang
dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah, passing atas dan passing bawah bolavoli mini pada siswa kelasV SD N 2 Gedaren Tahun Ajaran  2015/2016.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Servis Bawah, Passing Atas dan Passing Bawah Bolavoli mini, Gaya Mengajar Inklusi