Abstrak


Analisis Strategi Bertahan Hidup Anak Jalanan di Lembaga Ppap Seroja dan Lsk Bina Bakat Kota Surakarta


Oleh :
Annisa Nur Rohmah - K8412008 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini mengambil tempat penelitian di Lembaga PPAP Seroja dan LSK Bina Bakat Surakarta yang bertujuan (1) untuk mengetahui latar belakang munculnya anak jalanan (2) untuk mengetahui strategi bertahan hidup yang dibangun antar anak jalanan.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskripsi kualitatif dengan pendekatan life history atau pengalaman pribadi. Sumber data dari informan, dan dokumen. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumen. Teknik penentu informan menggunakan purposive sampling. Untuk mencari validitas data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan model analisis kualitatif interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) latar belakang munculnya anak jalanan untuk berada di jalan karena disebabkan oleh beberapa faktor  yaitu  latar  belakang  ekonomi,  keluarga,  sekolah,  dan  lingkungan;  (2) strategi bertahan hidup yang dibangun antar anak jalanan yang menjadikan anak bertahan di jalanan adalah keadaan ekonomi rendah, teman, peran keluarga yang tidak hadir, tidak adanya pilihan lain, anak mengandalkan bantuan dari orang lain terlihat dari bagaimana mereka menerima pakaian dari masyarakat maupun dalam bentuk makanan ataupun uang, kemudian lingkungan yang mendukung mereka berada di jalan seperti tempat tinggal yang kumuh maupun masyarakat yang miskin, dan biaya sekolah.

Teori kebutuhan McClelland menjelaskan bahwa anak jalanan dalam strategi bertahan hidup dengan didorong oleh tiga kebutuhan yaitu need for achievement, need for power, dan need for affiliation. Anak jalanan bertahan karena mereka mempunyai tujuan yang diinginkan seperti karena kondisi ekonomi rendah,  disharmoni  keluarga,  tidak  adanya  pilihan  lain,  dan  mengandalkan bantuan dari orang lain. Dan kemudian mereka saling memberi kekuatan antara satu dengan yang lain. Selanjutnya terakhir, anak jalanan bertahan hidup karena lingkup pertemanan mereka yang akrab dan ramah.

Kata Kunci : Anak jalanan,  Jalan, Surakarta, Strategi