Abstrak


Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia


Oleh :
Miftahul Jannah - F0313059 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh kinerja keuangan terhadap akuntabilitas kinerja pemerintah kabupaten kota di Indonesia. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 1226 pemerintah kabupaten/kota di Indonesia tahun 2012-2014. 

Data dibentuk menjadi data panel gabungan antara time series data dan cross section data yang diolah menggunakan model regresi berganda. Faktor keuangan diproksikan oleh kemandirian keuangan daerah, rasio aktivitas, rasio efektivitas pembangunan, intergovernmental revenue, dan kapasitas fiskal. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio kemandirian keuangan daerah, rasio efektivitas, kapasitas fiskal berpengaruh positif terhadap akuntabilitas kinerja pemerintah kabupaten/kota di Indonesia. Sementara rasio aktivitas pembangunan dan intergovernmental revenue tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja pemerintah kabupaten/kota di Indonesia. 

Kata Kunci: rasio kemandirian keuangan daerah, rasio aktivitas pembangunan, rasio efektivitas, intergovernmental revenue, kapasitas fiska