Abstrak


Upaya Peningkatan Level Internal Audit Capability Model (Ia-Cm) Menuju Level 4 dan Perubahan pada Kompetensi Auditor


Oleh :
Febrianto Dwi Prasetyo - F1315127 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan untuk mendapatkan predikat level 4 dalam penilaian kapabilitas auditor internal sektor publik dengan pendekatan Internal Audit Capability Model (IA-CM) For the Public Sector yang dikeluarkan oleh the Institue of Internal Auditors. Selain itu juga dalam penelitian ini mencoba menjawab apakah ada korelasi antara upaya yang dilakukan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan dalam mendapat IA-CM level 4 dengan perubahan terhadap kompetensi auditor yang ada di dalamnya.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan sumber data berupa wawancara dengan narasumber dan telaah dokumen. Wawancara dilakukan dengan teknik wawancara semiterstruktur dengan pertanyaan utama mengacu kepada pedoman wawancara kemudian dilakukan pengembangan seusai dengan bidang yang dinaungi oleh narasumber terkait. Analisis yang digunakan mengacu kepada upaya apa saja yang dilakukan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan dan apakah ada perubahan terhadap kompetensi auditor atas upaya yang dilakukan ini.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara garis besar Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan belum memenuhi persyaratan IA-CM level 4 dalam beberapa elemen Key Process Area dan selama masa upaya peningkatan kapabilitas sampai tahun 2017 ini terasa ada perubahan terhadap organisasi yang cukup signifikan, hal ini termasuk juga perubahan pada kompetensi auditor. Perubahan kompetensi auditor memang tidak bisa dirasakan secara langsung, adalah pimpinan yang bisa menilai dari hasil kerja mereka secara langsung. IA-CM bisa diibaratkan sebagai akselerator dalam peningkatan kompetensi auditor.


Kata Kunci: Upaya Peningkatan, Kapabilitas, Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan, Internal Audit Capability Model (IA-CM), Kompetensi, Auditor.