Abstrak


Hubungan Lingkar Perut dan Massa Otot terhadap Kelenturan Pinggang Atlet Tenis Meja ASIAN Para Games tahun 2018 di Surakarta


Oleh :
Margareta Suryani - K5614033 - Fak. KIP

Jenis penelitian ini adalah penelitan deskriptif menggunakan rancangan penelitian korelasional. Subyek penelitian adalah atlet tenis meja Asian Para Games 2018 kelas 8 sampai dengan 10 putra maupun putri dengan jumlah total 12 orang dengan masing-masing jumlah sampel 6 orang putra dan 6 orang putri. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah sit and reach, pengukuran dengan skinfold calipers, serta pengukuran antropometri. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan Uji Wilcoxon dengan bantuan software komputerisasi Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 23.00 pada taraf signifikan ? = 0,05.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Terdapat perbedaan pretest dan posttest  yang signifikan antara lingkar perut, massa otot terhadap kelenturan pinggang  Atlet Tenis Meja Asian Para Games Tahun 2018 di Surakarta untuk putra dan putri kelas 8, 2) Terdapat perbedaan pretest dan posttest yang signifikan massa otot terhadap kelenturan pinggang atlet tenis meja Asian Para Games Tahun 2018 di Surakarta untuk putra dan putri kelas 9, dan 3) Terdapat perbedaan pretest dan posttest yang signifikan secara bersama-sama antara lingkar perut dan  massa otot terhadap kelenturan pinggang atlet tenis meja Asian Para Games Tahun 2018 di Surakarta untuk putra dan putri kelas 10.

Kata Kunci : Lingkar Perut, Massa Otot, Kelenturan Pinggang