Abstrak


Implementasi kebijakan kota layak anak di kota Kediri (studi implementasi peraturan daerah kota Kediri nomor 6 tahun 2016 tentang penyelenggaraan pengembangan kota layak anak)


Oleh :
Kyan Santang - E0013252 - Fak. Hukum

Penelitian    ini    merupakan    upaya    mendeskripsikan    dan    mengkaji permasalahan,  pertama  implementasi  Peraturan  Daerah  Kota Kediri  Nomor  6 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan Pengembangan Kota Layak Anak. Kedua kendala   dan   upaya   Pemerintah   Kota   kediri   dalam   mengimplementasikan Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 6 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan pengembangan Kota Layak Anak Penelitian ini adalah penelitian hukum non-doktrinal atau penelitian socio- legal dengan menggunakan sifat penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan  dengan  teknik  wawancara  dan  observasi.  Sumber  data  sekunder meliputi bahan hukum primer, sekunder, dan tertier. Kemudian teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang memiliki komponen antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kerangka peraturan perundang- undangan  dan  kelembagaan  pemenuhan  Kota  Layak  Anak  dilaksanakan  oleh Pemerintah Kota  Kediri  melalui pengundangan  Peraturan Daerah Kota  Kediri Nomor 6 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan pengembangan Kota Layak Anak telah dilaksanakan meskipun dapat dikatakan belum maksimal dengan kendala- kendala yang ada yang meliputi belom dibuatnya Peraturan Walikota, kendala sumber daya manusia, dan kendala kelembagaan dan instrumen pemerintahan. Kata kunci: Hak Anak, Kota Layak Anak