Abstrak


Evaluasi Pemungutan Pajak Hotel Kategori Rumah Kos dan Faktor Penghambatnya di Kecamatan Jebres (Tahun 2014-2016)


Oleh :
Herlina Ayu Septi W - F3414043 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pemungutan pajak hotel kategori rumah kos di wilayah Kecamatan Jebres, dimana telah dilaksanakan sejak tahun 2011 dengan mengacu pada Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah, serta untuk mengetahui hambatan yang ditemukan dalam proses pemungutannya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan membandingkan antara teori, wawancara, analisis data, dan teknik observasi. Penulis menggunakan metode analisis kualitatif sederhana. Sumber data diperoleh dari DPPKA Kota Surakarta dan UPTD Pelayanan Pajak Kecamatan Jebres.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa potensi pajak tahun 2014 sebesar Rp 84.780.000,00 per tahun 2014. Sedangkan kontribusi terhadap pajak daerah sebesar 11,2% tahun 2014; 15,11% tahun 2015; dan 18,88% tahun 2016. Kontribusi dan tingkat kepatuhan warga masih sangat rendah .

Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan beberapa saran kepada BPPKAD Surakarta dan UPTD Pelayanan Pajak Kecamatan Jebres, yaitu melakukan pendataan masal kembali agar diperoleh data terbaru jumlah objek pajak serta diberlakukan nya sanksi bagi wajib pajak yang tidak patuh. Penulis berharap saran tersebut dapat membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Surakarta dan mengoptimalkan penerimaan pajak hotel kategori rumah kos.

Kata Kunci : Pajak Hotel ,Rumah Kos, Pelaksanaan Pemungutan, Potensi, Kontribusi