Abstrak


Manfaat mobile banking dalam mempermudah transaksi nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO)TBK. Unit Mojosongo Surakarta


Oleh :
Afifah Ayu Meylawati - F3616001 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini yaitu untuk: (1) mengetahui kegunaan fasilitas mobile banking terhadap kegiatan transaksi nasabah, (2) mengetahui manfaat yang diterima nasabah dari penggunaan fasilitas mobile banking, (3) mengetahui kendala yang dihadapi nasabah dalam menggunakan fasilitas mobile banking.
Metode penelitian yang digunakan adalah desain survei dimana penulis menggunakan instrumen kuesioner untuk memperoleh data. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner untuk nasabah dan data sekunder diperoleh dari buku, artikel atau referensi-referensi lainnya. Metode pembahasan yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Mobile banking sangat berpengaruh dalam kegiatan transaksi nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Unit Mojosongo Surakarta karena dengan menggunakan layanan mobile banking nasabah dapat merasakan perbedaan dalam bertransaksi sebelum dan sesudah menggunakan mobile banking, mulai dari menghemat waktu dan biaya, dapat melakukan transaksi tanpa harus datang langsung ke bank, dan lain sebagainya, (2) berbagai manfaat dapat dirasakan dan didapat nasabah pengguna mobile banking misalnya dapat melakukan transaksi perbankan dimana dan kapan saja, dapat melakukan berbagai transaksi perbankan dalam satu waktu, (3) dalam menggunakan suatu layanan pasti ada hambatan atau kendala yang dihadapi setiap pengguna, dalam layanan mobile banking ini hambatan atau kendala yang biasa dihadapi pengguna adalah harus tersedianya pulsa regular, memiliki jaringan internet yang kuat dan stabil, dan juga memiliki nomor telepon yang aktif dan telah terdaftar.
Kata Kunci: Mobile Banking, Layanan, BRI Unit Mojosongo