Abstrak


Kumpulan puisi air kata kata karya Sindhunata dalam perspektif semiotika sosial


Oleh :
Siti Fatimah - T841108004 - Sekolah Pascasarjana

Kumpulan puisi Air Kata Kata berisi perpaduan antara kata-kata dengan gambar atau lukisan, dipenuhi dengan simbol-simbol yang sulit dipahami, dan membuatnya unik dan patut dianalisis sebagai contoh kajian terhadap puisi yang dikolaborasikan dengan gambar atau lukisan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) pemakaian leksikon budaya pada kumpulan puisi Air Kata Kata karya Sindhunata dalam perspektif semiotika sosial, (2) pengaruh sosial-budaya masyarakat terhadap simbol-simbol pada kumpulan puisi Air Kata Kata karya Sindhunata dalam perspektif semiotika sosial, dan (3) makna simbolis pada kumpulan puisi Air Kata Kata karya Sindhunata dalam perspektif semiotika sosial.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika sosial untuk mengungkap leksikon budaya, pengaruh sosial budaya masyarakat, dan makna simbolis pada kumpulan puisi Air Kata Kata. Data penelitian berupa kata-kata (teks) dan lukisan/gambar. Sumber data berupa kumpulan puisi Air Kata Kata karya Sindhunata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan langkah unitizing, sampling, recording, reducing, inferring, dan narrating.yaitu content analysis. Triangulasi teori dan pernyataan penyair digunakan untuk menganalisis data.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dideskripsikan, dan dijelaskan (1) leksikon budaya dalam puisi-puisi karya Sindhunata berupa nama orang, jenis makanan dan minuman, filosofi guru, anak gembala, dan buah belimbing, tokoh pewayangan, mantra, filosofi air, binatang, Tuhan dan nabi, mitos, buah apel, bambu, bonek, goyang ngebor Inul, dan jenis bunga, (2) pengaruh sosial budaya masyarakat terhadap simbol terkait dengan kematian, jula-juli, warga keturunan Cina, kisah pewayangan, lagu campur sari dan lagu nasional, dan permaslaahan sosial dan politik, dan (3) makna simbolis puisi-puisi yang terdapat di dalam Air Kata Kata dikonstruksi dari leksikon budaya dan pengaruh sosial budaya tersebut.
Simpulannya, Sindhunata menggunakan berbagai leksikon budaya dalam puisi-puisinya, terpengaruh berbagai fenomena sosial budaya yang terjadi di masyarakat yang dijadikan inspirasi, dan makna simbolis puisi-puisi yang diciptakan tidak dapat dilepaskan dari leksikon budaya sekaligus pengaruh sosial budaya masyarakat tersebut. Dapat diketahuinya makna simbolis dapat menjadi media bantu (baik dari kalangan pembaca akademis maupun nonakademis) dalam penafsiran dan penikmatan puisi. Dengan demikian, saran yang diberikan kepada peneliti selanjutnya yaitu untuk dapat melakukan analisis menggunakan perspektif lain supaya dapat memberi wawasan kepada pembaca dalam menafsirkan dan menikmati kumpulan puisi Air Kata Kata karya Sindhunata.
Kata Kunci: Air Kata Kata, semiotika sosial, leksikon budaya, pengaruh sosial budaya, makna simbolis