Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Dilengkapi Catatan Terbimbing (Guided Note) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas Xi Mia 2 Sma Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016


Oleh :
Rosiana Melia Sari - K3312069 - Fak. KIP

ABSTRAK
 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi catatan terbimbing (guided note) pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini  merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara, angket dan kajian dokumen. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada prasiklus untuk aktivitas belajar kategori tinggi sebesar 30,76%. Capaian pada siklus I untuk aspek aktivitas belajar, pengetahuan, sikap dan keterampilan masing – masing sebesar 56,41%, 61,53%, 94,87?n 100%. Capaian pada siklus II aspek aktivitas belajar dan pengetahuan masing -masing sebesar 79,49%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi catatan terbimbing (guided note) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kelarutan kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo.

Kata kunci: Team Assisted Individualization (TAI), catatan terbimbing (guided note), aktivitas belajar, prestasi belajar, kelarutan dan hasil kali kelarutan.