Abstrak


Pelatihan bahasa mandarin bagi karyawan gudang PT Shuntian Zhonghe Indonesia Cikarang Utara Bekasi


Oleh :
Viorelina Aninda Putri - B3316031 - Fak. Ilmu Budaya

PT Shuntian Zhonghe Indonesia adalah salah satu perusahaan Tiongkok yang berdiri di Indonesia, namun seluruh karyawan gudang perusahaan ini tidak mampu berbahasa Mandarin. Yang melatarbelakangi penulisan tugas akhir ini adalah karena sering terjadi kesalahpahaman saat atasan dan karyawan gudang berkomunikasi atau memberikan perintah. Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung dampak yang terjadi jika karyawan tidak bisa berbahasa Mandarin. Pada laporan ini penulis ingin mendeskripsikan bagaimana proses pelatihan diadakan, respon para peserta pelatihan beserta kendala yang dihadapi.

Metode yang digunakan penulis selama kegiatan praktik kerja lapangan yaitu metode observasi, metode wawancara, metode kajian pustaka, dan metode angket yang dilakukan dengan pemilik dan para karyawan gudang.

Berdasarkan pengalaman praktik kerja lapangan, penulis menyimpulkan bahwa pelatihan bahasa Mandarin wajib diadakan di PT Shuntian Zhonghe Indonesia karena memiliki karyawan yang tidak bisa berbahasa Mandarin, agar dapat memperlancar proses kerja.

Kata Kunci : bahasa Mandarin, pelatihan, karyawan