Abstrak


Pengaruh Workplace Fun terhadap Affective Organizational Commitment dengan Psychological Capital sebagai Pemoderasi san Pemediasi pada Work Engagement (Studi pada Karyawan Hotel Bintang Tiga dan Empat di Yogyakarta)


Oleh :
Putra Dimas Riyardi - F1217058 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengaruh workplace fun terhadap affective organizational commitment dengan psychological capital sebagai pemoderasi dan pemediasi pada work engagement. Penelitian dilakukan di empat hotel berbintang di Yogyakarta yaitu Hotel Indoluxe, Hotel Grand Dafam Rohan, Hotel Dafam Fortuna Malioboro, dan Hotel Dafam Fortuna Seturan. Adapaun teknik sampling yang digunakan yaitu dengan non-probability menggunakan metode convenience sampling. Jumlah sampel sebanyak 139 responden yang merupakan karyawan dari masing-masing hotel. Analisis data menggunakan bantuan program SmartPLS dengan metode pengujian SEM (Structural Equation Modeling), sedangkan untuk menguji moderasi menggunakan metode pengujian Regresi Berganda dengan bantuan program SPSS.
Hasil  penelitian menunjukkan bahwa workplace fun berpengaruh positif pada work engagement, workplace fun berpengaruh positif pada psychological capital, psychological capital berpengaruh positif pada work engagement, work engagement berpengaruh positif pada affective organizational commitment, untuk variabel mediasi dan moderasi hasil menunjukkan psychological capital memediasi pengaruh workplace fun pada work engagement, serta psychological capital memoderasi hubungan antara workplace fun dan work engagement.

Kata Kunci : Workplace Fun, Psychological Capital, Work Engagement, Affective Organizational Commitment.