Abstrak


Evaluasi Penerapan Incoterms Fob dan Exwork Pada Cv. Palem Craft Jogja


Oleh :
Kartikasari Hasyyati Nabila - F3116057 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan 2 (dua) incoterms, yaitu FOB dan exwork pada CV Palem Craft Jogja. Penulis juga mengidentifikasi faktor para konsumen CV Palem Craft lebih menyukai terms exwork daripada FOB dan strategi penetapan harga ekspor CV Palem Craft.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif komparatif. Metode deskriptif komparatif bertujuan untuk membandingkan kedua terms tersebut dan mendiskripsikan data dan informasi mengenai gambaran perusahaan dan strategi penetapan harga ekspor. Metode tersebut digunakan untuk membahas data kualitatif. Data yang digunakan penulis dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer berupa hasil wawancara, proforma invoice, dan data volume penjualan. Data sekunder didapatkan dari buku cetak, artikel, dan jurnal.

Hasil dari penelitian ini yaitu terms FOB lebih menguntungkan kedua belah pihak, yaitu antara CV Palem Craft dan importir daripada menggunakanan terms exwork. Penggunaan terms FOB juga menjadi dasar bagi CV Palem Craft untuk menetapkan harga ekspor.

Kata Kunci: Evaluasi, Incoterms, FOB, Exwork