Abstrak


Pemenuhan Hak Pekerja Perempuan Sesuai Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan (Studi Di Pt. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta)


Oleh :
Indra Gunawan Maulana - E0013228 - Fak. Hukum

ABSTRAK

Indra Gunawan Maulana. 2019. E0013228. PEMENUHAN HAK PEKERJA PEREMPUAN SESUAI UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI DI PT. ISKANDAR INDAH PRINTING TEXTILE SURAKARTA). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemenuhan hak bagi pekerja perempuan di PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta apakah sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta. Jenis dan sumber data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukaan bahwa pemenuhan hak bagi pekerja perempuan di PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta. Sudah mengacu dengan pengaturan Pemenuhan hak bagi pekerja perempuang yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. PT. Iskandar Indah Printing Textile memberi pemenuhan hak bagi pekerja perempuan yang diantaranya Perlindungan Terhadap Pekerja Perempuan yang Bekerja pada Malam Hari, Kendaraan Antar Jemput, Cuti yang Berkaitan dengan Fungsi Reproduksi, dan Upah. Namun diantara berbagai hak yang sudah di penuhi masih terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, yaitu kurangnya respon manajer terhadap masukan dari Serikat Pekerja serta kurangnya kesadaran pekerja perempuan terhadap upaya-upaya yang dilakukan oleh perusahaan.