Abstrak


Pengaruh Struktur Kepemilikan sebagai Mekanisme Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Forward Looking Information (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017)


Oleh :
Puspita Kusuma Wardhani - F0315070 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur kepemilikan yang terdiri dari blockholder ownership, kepemilikan manajerial, kepemilikan saham oleh pihak keluarga serta kepemilikan asing sebagai variabel independen terhadap pengungkapan forward looking information sebagai variabel dependen, dengan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. 

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 420 perusahaan maufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015-2017. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi data panel dengan bantuan program eviews 9.

Rata-rata pengungkapan forward looking information yang disajikan oleh perusahaan manufaktur di Indonesia hanya sebesar 44% yang artinya kesadaran perusahaan dalam mengungkapkan item forward looking information dinilai masih rendah. Hasil pengujian regresi menunjukkan bahwa blockholder ownership, kepemilikan manajerial, kepemilikan saham oleh pihak keluarga, serta kepemilikan asing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan forward looking information. 

Kata Kunci : blockholder ownership, kepemilikan manajerial, kepemilikan keluarga, kepemilikan asing, corporate governance, dan forward looking information