Abstrak


Analisis Revitalisasi Pasar Serta Zonasi Pedagang terhadap Peningkatan Pendapatan (Studi Kasus Pasar Rejosari Surakarta)


Oleh :
Yuliana Pujiastuti - F0115092 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak
Pasar tradisional memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi kerakyatan. Namun saat ini pasar tradisional semakin tergeser oleh pusat perbelanjaan modern. Oleh karena itu program yang sedang diupayakan pemerintah adalah revitalisasi pasar tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh revitalisasi, zonasi, serta penempatan kios berdasarkan lantai terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional. Subjek dari penelitian ini adalah pedagang di Pasar Rejosari Surakarta. Penelitian ini menggunakan data primer dengan 200 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan pedoman wawancara. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5% sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling . Uji yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji Wilcoxon, uji Mann Whitney U, serta Uji Kruskal-Wallis.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan pendapatan pedagang antara sebelum dan sesudah revitalisasi pasar, terdapat perbedaan pendapatan antar setiap zonasi, serta terdapat perbedaan pendapatan pedagang yang berada di lantai bawah dan di lantai atas. Sebanyak 46,5% pedagang mengalami peningkatan pendapatan pasca revitalisasi pasar. Pedagang di lantai bawah memiliki rata-rata pendapatan lebih besar dari pada pedagang di lantai atas. Pedagang yang ada di zona kering memiliki rata-rata pendapatan yang paling tinggi dibandingkan pedagang di zona yang lainnya.
Kata kunci : Pasar Tradisional, Revitalisasi, Zonasi, Pendapatan