Abstrak


Pengaruh Pemakaian Bedak Padat terhadap Kejadian Akne Vulgaris pada Wanita Usia 18-21 Tahun


Oleh :
Frida Agitya Putri - G0014104 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Frida Agitya Putri, G.0014104, 2017. Pengaruh Pemakaian Bedak Padat terhadap Kejadian Akne Vulgaris pada Wanita Usia 18-21 Tahun. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Bedak padat merupakan salah satu jenis kosmetik yang dapat menjadi faktor pemicu timbulnya akne vulgaris. Sebuah studi mengatakan bahwa 83,5?ri 100 wanita memakai bedak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemakaian bedak padat terhadap kejadian akne vulgaris pada wanita usia 18-21 tahun.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan metode cross sectional. Penelitian dilakukan di Surakarta dengan jumlah subjek 100 wanita usia 18-21 tahun. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas adalah bedak padat diukur dengan kuesioner yang telah dikonsultasikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin dan variabel terikat adalah akne vulgaris yang diukur dengan pengambilan foto standar. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan uji Chi-Square.

Hasil: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pemakaian bedak padat terhadap kejadian akne vulgaris (p =0,202 dan IK95%=0,48-1,15). Kandungan bedak padat yang berperan dalam timbulnya akne vulgaris menjadi salah satu penyebab hasil penelitian yang tidak signifikan. Selain itu, faktor genetik, diet, jenis kulit, dan stres juga berperan terhadap timbulnya akne vulgaris.

Simpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pemakaian bedak padat terhadap kejadian akne vulgaris.

Kata Kunci: bedak padat, akne vulgaris