;

Abstrak


Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 1 Karas Tahun 2018


Oleh :
Irwan - S831508025 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, dan keefektifan modul berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi ekosistem.
 
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan prosedur Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 9 tahap yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan informasi. 2) Perencanaan. 3) Pengembangan rancangan awal produk (draft). 4) Uji coba lapangan permulaan. 5) Revisi produk tahap pertama. 6) Uji lapangan terbatas. 7) Revisi produk tahap kedua. 8) Uji lapangan operasional. 9) Revisi produk akhir. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik deskriptif kualitatif-kuantitatif pada data tahap penelitian dan pengumpulan informasi, tahap uji lapangan permulaan, dan uji lapangan terbatas. Analisis data statistik pada data hasil uji lapangan operasional dilakukan melalui teknik statistik deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan menggunakan uji independent sample t-test dan uji mann-whitney u melalui SPSS versi 21 serta uji effect size.
 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Modul berbasisi inkuiri terbimbing memiliki karakteristik yaitu memuat sintaks pembelajaran inkuiri terbimbing yang melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada aspek interpretasi, analisis,inferensi, evaluasi, penjelasan, dan regulasi diri; 2) Modul berbasis inkuiri terbimbing dinyatakan layak setelah melakukan uji kelayakan modul oleh para ahli dan memperoleh nilai sebesar 86,38 dengan kategori sangat layak, praktisi pendidikan dan teman sejawat diperoleh nilai sebesar 92,36 dengan kategori sangat layak, serta melalui tahap uji coba produk pengembangan dan revisi; 3) Modul berbasis inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar dengan rerata nilai keterampilan berpikir kritis peserta didik sebesar 83,66 dengan
kategori sangat tinggi, rerata nilai hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif,afektif, dan psikomotorik secara berturut-turut adalah sebesar 81,13 dengan kategori baik, 81,75 dengan kategori baik, dan 92,53 dengan kategori sangat baik. Hasil uji independent sample t-test dan uji mann-whitney u dengan signifikansi <0>Cohen’s d >0,8. Simpulan hasil penelitian dan pengembangan yaitu modul berbasis inkuiri terbimbing layak untuk digunakan dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Modul, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar