Abstrak


Rancang Bangun Mesin Penyuir Daging untuk Bahan Baku Abon


Oleh :
Rifai Huda Pratama - I8112030 - Fak. Teknik

ABSTRAK
Tujuan dari proyek akhir ini adalah pembuatan mesin penyuir daging sapi untuk bahan baku abon. Mesin penyuwir daging adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk menyuwir atau membuat suwiran daging sapi yang nantiya akan digunakan untuk bahan baku dalam proses pembuatan abon. Mesin ini dirancang untuk memberikan kemudahan masyarakat khususnya sentral industri kecil dalam membuat suwiran daging sapi untuk bahan baku abon.
Pembuatan alat ini dimulai dengan melakukan pengamatan pada industri pembuatan abon yang masih menggunakan cara pembuatan abon dengan system tradisional dan alat penyuir yang ada di pasaran, tahap selanjutnya yaitu perancangan meliputi gambar dan perhitungan untuk menentukan komponen yang akan dipergunakan kemudian terakhir adalah proses pembuatan dan perakitan.
Mesin penyuwir daging ini menggunakan motor listrik dengan daya 0,75 HP sebagai sumber penggerak utamanya. Transmisi yang digunakan pada mesin ini adalah transmisi sabuk puli yang dinilai lebih murah, mudah dalam perakitan, dapat meredam beban kejut dan tidak bising/ lebih tenang dibanding transmisi lain pada  saat  pengoprasiannya.  Berdasarkan  hasil  perhitungan  alat  ini  mampu
menampung beban berupa daging sapi sebanyak 10,4 kg.