Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Pembelajaran melalui Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X IIS 1 di SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017


Oleh :
Mutiara Roniansa Insani - K4412052 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan hasil belajar sejarah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) melalui media audio visual di kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2016/2017; (2) untuk meningkatkan minat belajar sejarah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) melalui media audio visual di kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali dengan jumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara tes, observasi, wawancara, dokumentasi, analisis dokumen, dan angket. Uji validitas menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi data atau sumber dan trangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) melalui media audio visual dapat meningkatkan  minat belajar siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari lembar angket siswa. Pada tahap pra tindakan, prosentase pencapaian indikator minat belajar siswa kelas X IIS 1 hanya sebesar 61,10%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 69,4%, dan pada tahap siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,1%. pencapaian ini telah melampaui target penelitian sebesar 80%; (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) melalui media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Itu bisa dilihat dari hasil tes kognitif siswa. Pada tahap pra tindakan, prosentase pencapaian hasil belajar siswa hanya sebesar 72,22%. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 77,78%, dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 91,67%. Pencapaian telah melampaui target yang ditetapkan sebesar 80%.
Berdasarkan hasil penelitian dan diskusi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) melalui media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar sejarah siswa kelas X IIS 1 di SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2016/2017.

Kata Kunci : Numbered Heads Together, Media Audio Visual, Hasil Belajar, Minat Belajar, Pembelajaran Sejarah