Abstrak


Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas II di SDN Karangasem III Laweyan, Kota Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)


Oleh :
Amanda Senja Karunia - K7116010 - Fak. KIP

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana peserta didik melalui penerapan model kooperatif tipe pembelajaran Scramble pada peserta didik kelas II di SDN Karangasem III Surakarta tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini berangsung selama kurang lebih tiga minggu dengan tiga siklus dan tiap siklus ada dua pertemuan. Guru dan peserta didik menjadi subjek yang diteliti. Jumlah peserta didik kelas II yang digunakan dalam penelitian yakni 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Langkah-langkah yang digunakan antara lain pengmpulan data, reduksi, penyajian, dan penrikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang telah dilaksanakan membuktikan bahwa ada peningkatan secara signifikan ketika peneliti menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dan peserta didik mengikuti jalan pembelajaran dengan sangat baik. Terbukti dengan adanya kategori nilai dari tidak terampil sampai sangat terampil, justru banyak peserta didik yang memperoleh kategori terampil bahsan sangat terampil di sklus III. Hasil rerata yang diperoleh dari pratindakan hingga siklus ke III yakni sebesar 48,5 untuk tes pratindakan, 63,4 pada tes siklus I, 70,85 siklus II, dan siklus III diperoleh rerata sebesar 86,5.

Setelah menyaksikan pemaparan di atas maka dapat disintesiskan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana para peserta didik kelas II di SD Negeri Karangasem III pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020.