Abstrak


PERANCANGAN PERBAIKAN WAKTU PELAYANAN DI RSUD KABUPATEN KARANGANYAR DENGAN PENDEKATAN LEAN HOSPITAL DI UNIT FISIOTERAPI


Oleh :
Intan Permata Sari - I0315043 - Fak. Teknik

ABSTRAK

INTAN PERMATA SARI, NIM : I0315043. PERANCANGAN PERBAIKAN WAKTU PELAYANAN DI RSUD KABUPATEN KARANGANYAR DENGAN PENDEKATAN LEAN HOSPITAL DI UNIT FISIOTERAPI. Skripsi. Surakarta : Program Studi Sarjana Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, September, 2019.

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi waste yang ditemukan diproses pelayanan Unit Fisioterapi RSUD Kabupaten Karanganyar dan menghasilkan usulan untuk mengurangi waste yang ditimbulkan di Unit Fisioterapi RSUD Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini dalam mengidentifikasi pemborosan dilakukan dengan tiga langkah yaitu observasi, wawancara dan value stream mapping (VSM), dan menggunakan Waste Assessment Model (WAM) untuk menunjukkan peringkat waste kritis dan menggunakan 5 why analysis untuk menemukan akar penyebab masalah. Hasil pengamatan identifikasi awal dan wawancara yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat lima waste yang terjadi di Unit Fisioterapi yaitu waste defect, transportation, waiting, motion, dan overprocessing. Tiga waste lainnya seperti waste inventory, overproduction, dan humant talent tidak terjadi di Unit Fisioterapi. Waste defect mendampatkan urutan pertama dengan persentase 33?n diurutan terakhir terdapat waste transportation dengan persentase 9%. Dari 11 root cause yang terjadi, hanya 8 root cause yang diberikan usulan rekomendasi perbaikan dikarenakan keterbatasan rumah sakit.

Kata kunci: lean hospital, value stream mapping, waste assessment model (WAM), root cause analysis, 5why, waste, unit fisioterapi