Abstrak


Analisis Faktor Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Kentang Di Supermarket Kota Bekasi


Oleh :
Christina Kunthi Ayu Hapsari - H0813037 - Fak. Pertanian

ABSTRAK

Sektor pertanian masih memegang peranan yang sangat penting dalam pembangunan nasional Indonesia. Hortikultura merupakan salah satu komoditas potensial untuk dikembangkan di antara banyak pilihan dalam pengembangan agribisnis. Ada sembilan komoditas unggulan hortikultura antara lain adalah cabai, bawang merah, kentang, mangga, manggis, salak, jeruk, krisan, dan temulawak. Produksi dan konsumsi kentang di Indonesia menunjukkan kondisi yang berfluktuatif. Pasar kentang sangat terbuka lebar, ada beberapa peluang dan pilihan segmentasi pasar kentang antara lain adalah pasar tradisional, pasar swalayan atau supermarket, pasar industri, dan pasar fast food. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor marketing mix yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli kentang di supermarket Kota Bekasi, dan mengkaji variabel yang paling berperan dari setiap faktor marketing mix yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli kentang di supermarket Kota Bekasi.  
Metode dasar penelitian adalah metode deskriptif analisis. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Lokasi penelitian yaitu Giant Supermarket Bekasi Timur dan Super Indo Mall Metropolitan Bekasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah judgement sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 80 orang konsumen kentang yang didasarkan pada ukuran sampel untuk analisis faktor minimal lima kali dari jumlah variabel yang diteliti. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan pencatatan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis faktor.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam membeli kentang di supermarket Kota Bekasi. Keempat faktor tersebut berdasarkan prioritasnya adalah faktor tempat (44,355%), faktor produk (10,547%), faktor promosi (8,645%), dan faktor harga (8,508%). Variabel yang paling berperan dari setiap faktor marketing mix yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli kentang di supermarket Kota Bekasi untuk faktor tempat adalah variabel kenyamanan berbelanja di supermarket dengan factor loading sebesar
0,860, faktor produk adalah variabel bentuk kentang dengan factor loading sebesar 0,805, faktor promosi adalah variabel potongan harga dengan factor loading sebesar 0,759, dan faktor harga adalah variabel harga kentang dengan factor loading sebesar 0,931.
Saran yang dapat diberikan adalah pihak supermarket sebaiknya menata tempat agar ada jarak untuk berjalan dan memilih produk selain itu juga harus selalu menjaga kebersihan produk kentang agar konsumen merasa nyaman dan tidak takut kotor saat memilih kentang. Pihak supermarket juga sebaiknya selalu menyortir kentang yang dijual dan menyediakan kentang yang berbentuk oval dan oval agak xi bulat dan tidak berlekuk lebih banyak. Pihak supermarket sebaiknya lebih giat lagi mengadakan promosi potongan harga.