Abstrak


Asuhan Kebidanan Berkelanjutan pada Ny. K Umur 23 Tahun di Puskesmas Sibela Surakarta


Oleh :
Maulida Qosi Alfitri - R0314036 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

MAULIDA QOSI ALFITRI. R0314036. ASUHAN KEBIDANAN BERKELANJUTAN PADA NY.K UMUR 23 TAHUN DI PUSKESMAS SIBELA SURAKARTA. Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Latar Belakang: Asuhan kebidanan yang dilakukan secara berkelanjutan pada Ny. K umur 23 tahun, dengan pendampingan sejak ibu hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir, dan KB agar ibu mendapatkan pelayanan yang efektif dan komprehensif.

Pelaksanaan: Asuhan kebidanan berkelanjutan Ny. K usia 23 tahun selama ±2,5 bulan. Usia kehamilan ibu 41+1 minggu. Persalinan dengan induksi dan vacuum extraction di RS Hermina. Asuhan neonatus, ibu nifas selama 6 minggu tanpa penyulit. Memberikan konseling tentang KB pada ibu.

Evaluasi: Asuhan kehamilan telah dilakukan, usia kehamilan post date diakhiri persalinan induksi dan vakum ekstraksi. Neonatus dan nifas normal, Ibu mengikuti KB yaitu kondom.

Simpulan dan saran: Ny. K mendapatkan asuhan berkelanjutan, ibu dan bayi dapat tertangani dengan baik sampai kunjungan terakhir. Kunjungan nifas ibu dan bayi tidak sesuai jadwal, bayi tidak diberikan ASI ekslusif. Pasien diharapkan untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin ke fasilitas kesehatan, serta bersikap
kooperatif terhadap tenaga kesehatan.

Kata Kunci: Asuhan Kebidanan, Berkelanjutan, Puskesmas Sibela