Abstrak


Gambaran Postur Kerja Dengan Metode Reba Pada Pekerja Produksi I Di PT. Dic Astra Chemicals, Pulogadung, Jakarta Timur


Oleh :
Eri Januari Kusdani - R0016028 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

GAMBARAN POSTUR KERJA DENGAN METODE REBA PADA PEKERJA PRODUKSI I DI PT. DIC ASTRA CHEMICALS, PULOGADUNG, JAKARTA TIMUR

Eri Januari Kusdani1, Cr. Siti Utari2, Cahyaning Setyo Hutomo3


Latar belakang :Postur kerja pada pekerja produksi I PT. DIC Astra Chemicals pada saat melakukan aktivitas pekerjaannya diperlukan penilaian pada aspek ergonomi. Hal ini disebabkan karena pihak manajemen perusahaan yang tidak ada sikap untuk menindak lanjuti hal tersebut dan kurangnya kesadaran pekerja akan postur kerja yang benar, maka dari itu diperlukan sebuah solusi untuk pekerja dapat bekerja dengan aman dan nyaman. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran postur kerja pekerja dengan metode REBA pada area produksi I PT. DIC Astra Chemicals dalam upaya zero accident dan meningkatkan produktivitas.

Metode :Jenis penelitian observasional dengan metode deskriptif yaitu menggambarkan postur kerja pekerja dengan metode REBA di area produksi I dalam upaya mencapai zero accident dan meningkatkan produktivitas.

Hasil :PT. DIC Astra Chemicals belum pernah melakukan peninjauan dan pengukuran terkait ergonomi kerja pada pekerja, dan untuk tahun ini sedang diupayakan untuk penerapan hal-hal yang terkait ergonomi kerja. Setelah dilakukan pengukuran pada pekerja, ditemukan beberapa pekerja mendapatkan skor risiko dengan  kategori  tinggi  yang dimana dalam  hal  tersebut  seharusnya dilakukan penanganan secepatnya. Hal-hal tersebut memang harus segera diterapkan untuk mencapai target zero accident.

Simpulan :Seluruh reponden dalam dalam penelitian ini berada pada postur kerja yang tidak ergonomis. Untuk penilaian level risiko, pada charging ogan A dan packing berada pada nilai risiko tinggi, sedangkan pada charging ogan B dan cleaning berada pada nilai risiko sedang.

Kata kunci :metode REBA, Upaya Zero Accident.

1. Program  Studi  Diploma  III  Hiperkes  dan  Keselamatan  Kerja,  Fakultas
Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
2. Dosen Program Studi Diploma III Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas
Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
3. Dosen Program Studi Diploma III Kebidanan, Fakultas Kedokteran, Universitas
Sebelas Maret