Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping (Peta Pemikiran) dengan Media Gambar untuk Memperbaiki Proses Belajar Siswa Kelas X Tgb Program Keahlian Bangunan pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan di SMK N 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017


Oleh :
Prisilia Dhika Wiranti - K1513061 - Fak. KIP

ABSTRAK


Prisilia Dhika Wiranti1. Rima Sri Agustin, S.T., M.T2. Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd3. PENERAPAN MODEL    PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING (PETA PEMIKIRAN) DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MEMPERBAIKI PROSES BELAJAR SISWA KELAS X TGB PROGRAM KEAHLIAN BANGUNAN PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK N 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi,  Surakarta  :  Fakultas  Keguruan  dan  Ilmu  Pendidikan  Universitas  Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbaikan proses belajar siswa dan (2) mengetahui peningkatan hasil tes evaluasi belajar siswa kelas X TGB Program Keahlian Bangunan pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan di SMK N 2 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi untuk tindakan siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB SMK Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan.  Data  diperoleh  dari  observasi,  wawancara,  catatan  lapangan,  dan  tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe  mind mapping (peta pemikiran) dengan media gambar  dapat : (1) memperbaiki proses belajar dan (2) meningkatkan hasil tes evaluasi belajar siswa kelas X TGB SMK Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Konstruksi  Bangunan.  Siswa  menjadi  lebih  baik  dalam  proses  belajar  meliputi aktivitas belajar, partisipasi siswa dalam diskusi dan proses belajar dengan metode mind  mapping.  Hasil  tes  evaluasi  belajar  siswa  mengalami  kenaikan  persentase sebesar  9,88%  dari  pra  siklus  sampai  siklus  I,dan  dari  siklus  I ke  siklus  II naik 68,74%, pada aktivitas belajar siswa, partisipasi siswa dan proses belajar dengan metode mind mapping sudah mencapai predikat Baik dan Sangat Baik.


Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif, Mind Mapping, Proses Belajar, Hasil tes evaluasi belajar