Abstrak


Kajian parameter pada beton ringan memadat mandiri menggunakan agregat kasar pecahan genteng dengan variasi bahan tambah superplasticizer tipe viscocrete-8050 SG


Oleh :
Yuli Astiqomah - I0115117 - Fak. Teknik

Saat ini, semakinbanyakinovasi-inovasidalampenggunaanbeton salah satunyaadalahbetonringanmemadatmandiri(Light-weight Self Compacting Concrete). Beton ini merupakanbeton yang terbuatdariagregastringan yang mampumemadatmandiritanpabantuanalatpemadat. Agregatringanalamiyaituagregat yang diperolehdaribahan-bahanalamisepertibatuapung, skoria, atau tufa dan buatanadalahagregat yang dibuatmelalui proses pemanasanbahan-bahan, sepertitanahliat, abuterang, abusabak, dan batulempung. Untukmeningkatkanworkability pada betonringan ini makadigunakanpenambahan admixtureviscocretesehinggadiharapkanbetonsegarmudahmengalir dan melakukanpemadatanmandiri.

Dalampenelitian ini mengamatiperubahan pada parameter SCC akibatdaripenambahankadarviscocrete. Kadar viscocreteyang digunakanialah 1,5% ; 1,75% ; 2% ; dan 2,25%. Parameter SCC sendirimeliputi3 parameteryaitufillingabilityditandaidengankemampuanbetonmengalir dan tetapmempertahankanhomoginetasnya,dilakukandenganpengujiant500 flow-table dan diameter sebaran (d)menggunakankerucutabrams yang diletakkandiataspapanpengaliran, passingabilityuntukmengukurkinerjapengaliranbetonsegarmelewatikomponenbesipenghalandimanaberatbetonsegar yang beradadalamkotakvertikalmemberikandayadorongbetonuntukmelewaticelahtulangtersebutmetodepengujian ini dinamakanh2/h1 L-box, dan segregation resistanceuntukmengetahuikemampuanmengalirbetonsegarketika proses penuangandilakukandenganmetodepengujianV-funnel (t0)dan V-funnel t5 menit.

Dalampenelitian ini menunjukkanbahwapenambahanviscocretemeningkatkanworkabilitas pada betonsegar. Namun, hanya pada penambahanviscocretekadar 2,25% yang memenuhisyaratsebagaiLight-weight Self Compacting Concrete berdasarkan EFNARC 2005 yaitudenganhasilpengujianSlumpFlow713,33 mm (650-800 mm), T500rerata 2,15 detik (2-5 detik), pengujianLboxh2/h1 0,95 (0,8-1), V-funnel 8,07 detik (6-12 detik), dan V-funnel T5menit 11,01 detik (0-+3 detik).

Kata Kunci:ageregatringan, betonringanmemadatmandiri, parameter SCC, viscocrete, workabilitas