Abstrak


Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Obyek-Obyek Wisata di Desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun 2019 (Sebagai Bahan Pendukung Pembelajaran Geografi pada Kompetensi Dasar 3.3 Menganalisis Sebaran dan Pengelolaan Sumberdaya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata Sesuai dengan Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan Kelas XI SMA/MA)


Oleh :
Adie Surya Ariatna - K5415001 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Sebaran dan potensi obyek wisata di Desa Sendang Kecamatan Wonogiri.Kabupaten Wonogiri. (2) Tingkat partisipasi masyarakat dalam pengembangan obyek-obyek wisata di Desa Sendang Kcamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. (3) Upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan obyek wisata di Desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh obyek wisata dan masyarakat Desa Sendang dengan teknik sampling purposive sampling dan accidental sampling.  Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tangga partisipasi Arnstein dengan model analisis interaktif Miles-Hubberman, klasifikasi potensi wisata menggunakan analisis A4 dan analisis SWOT untuk upaya peningkatan partisipasi.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) sebaran obyek wisata Watu Cenik berada di Dusun Prampelan,obyek wisata Puncak Joglo berada di Dusun Kembang, obyek wisata TR Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur berada di Dusun Godean, obyek wisata Menara Pandang Sokogunung berada di Dusun Sokogunung dan potensi obyek wisata tergolong menjadi 3 kelas yaitu kelas kurang potensial pada obyek wisata Menara Pandang Sokogunung, kelas potensial pada obyek wisata Watu Cenik dan Puncak Joglo, kelas sangat potensial pada obyek wisata TR Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur. (2) Tingkat partisipasi masyarakat di obyek-obyek wisata Desa Sendang terdapat tiga tingkatan yaitu tingkat partisipasi masyarakat rendah pada obyek wisata Menara Pandang Sokogunung, tingkat partisipasi masyarakat sedang pada obyek wisata TR Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur, tingkat partisipasi masyarakat tinggi pada obyek wisata Watu Cenik dan Puncak Joglo.(3) Upaya meningkatkan partisipasi masyarakat terkait pengembangan obyek wisata dilakukan dengan meningkatkan sumberdaya manusia, meningkatkan promosi wisata oleh masyarakat, meningkatkan kerjasama dengan pihak Perhutani, serta meningkatkan kerjasama dengan Dinas Pariwisata dan lembaga masyarakat terkait pentingnya berpartisipasi dalam pengembangan wisata.

Kata Kunci : Obyek Wisata, Potensi Wisata, Partisipasi Masyarakat