Abstrak


Evaluasi Perkerasan Jalan, Pemeliharaan, dan Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Gentan – Bekonang KM 2+000 – 4+100, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah


Oleh :
Chandra Jati Kusuma - I8214009 - Fak. Teknik

ABSTRAK


Chandra Jati Kusuma, 2017. Evaluasi Perkerasan Jalan, Pemeliharaan, dan Peningkatan  dengan  Metode  Analisa  Komponen  beserta  Rencana  Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Gentan – Bekonang KM 2+000 - 4+100. Tugas Akhir, Program Diploma III Teknik Sipil Infrastruktur Perkotaan, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ruas Jalan Gentan - Bekonang merupakan salah satu jalan alternatif penghubung Kabupaten Sukoharjo dengan Kabupaten Karanganyar, yang mengakibatkan frekuensi kendaraan berat maupun ringan yang melintasi jalan tersebut cukup tinggi. Sehingga kerusakan jalan sangat sering terjadi.

Pengamatan yang dilakukan pada Jalan Gentan – Bekonang dengan panjang jalan
2,10 km ini bertujuan untuk melakukan penilaian kondisi jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan membagi jalan menjadi  beberapa  segmen  yaitu  tiap  50  m.  Kemudianm  tiap  segmen  jalan dilakukan  pengamatan  (secara  visual)  dan  pengukuran  untuk  mengidentifikasi jenis keruskan yang ada dan melakukan penilaian sesuai dengan nilai PCI.

Dari hasil pengamatan diperoleh jenis kerusakan berupa alligator cracking, longitudinal and transverse cracking, depresssion, potholes, patching and utility cut patching,weathering / raveling . Kerusakan ini hanya terjadi pada beberapa segmen dan dilakukan perbaikan berdasarkan jenis kerusakan  yang ada,  yaitu dengan pengisian retak dengan aspal cair, laburan aspal pasir, dan penambalan. Sesuai perhitungan tebal lapisan ulang sesuai umur rencana yaitu 10 tahun. Durasi waktu pekerjaan Jalan Gentan – Bekonang adalah 8 minggu. Bahan perkerasan yang digunakan adalah LASTON Ms. 744. Kemudia dari seluruh pekerjaan diperoleh total biaya yang diperlukan dalam upaya perbaikan dan peningkatan mutu pada Jalan Gentan – Bekonang KM 2+000 – 4+100 tahun 2017 adalah sebesar Rp.                              .
Kata kunci : Pavement Condition Index (PCI), LASTON, RAB.