Abstrak


Pengaruh Sikap Kreatif dan Proaktif Melalui Persepsi Keinginan Terhadap Niat Berwirausaha Siswa SMK Jurusan Pemasaran di Kabupaten Karanganyar Tahun 2019


Oleh :
Yunita Dwi Novitasari - K7615062 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh sikap kreatif terhadap persepsi keinginan siswa SMK kelas XII Jurusan Pemasaran di Kabupaten Karanganyar; (2) mengetahui sikap proaktif terhadap persepsi keinginan siswa SMK kelas XII Jurusan Pemasaran di Kabupaten Karanganyar; (3) mengetahui sejauh mana pengaruh sikap kreatif dan proaktif terhadap niat berwirausaha melalui mediator persepsi keinginan siswa SMK kelas XII Jurusan Pemasaran di Kabupaten Karanganyar.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Jurusan Pemasaran di Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 202 siswa. Penentuan sampel dengan proporsional sampling yang terdiri dari 43 siswa kelas XII SMK Negeri 1 Karanganyar, 73 siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar, dan 17 siswa kelas XII SMK Wikarya Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang digunakan untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan niat berwirausaha. Setelah data terkumpul, lalu data tersebut dianalisis menggunakan model Structural Equation Model (SEM).
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) sikap kreatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi keinginan yang ditunjukkan analisis SEM dengan hasil yang diperoleh path skor (10,663 > 1,65); (2) sikap proaktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi keinginan yang ditunjukkan dengan nilai path  (4,089 > 1,65); dan (3) persepsi keinginan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha yang dibuktikan dengan nilai path  (246,8 > 1,65), maka H0 ditolak H1 diterima. Dengan demikian, persepsi keinginan memediasi pengaruh sikap kreatif dan proaktif terhadap niat berwirausaha SMK kelas XII jurusan pemasaran di Kabupaten Karanganyar tahun 2019.

Kata Kunci : Niat Berwirausaha, Persepsi Keinginan, Sikap Kreatif, Sikap Proaktif