Abstrak


Preferensi Masyarakat dalam Memilih Perumahan dengan Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) di Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Muhammad Rizan Adam - I0115074 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi masyarakat dalam memilih perumahan dan mengetahui faktor yang paling mempengaruhi preferensi masyarakat dalam memilih perumahan di Kabupaten Karanganyar.

Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode pembobotan. Untuk penilaian faktor-faktor, metode AHP digunakan sebagai acuan untuk perhitungan sebagai dasar dalam pembobotan alternatif. Pembobotan diberikan interval skala, sesuai dengan skala Likert. Sedangkan Program Software Microsoft Excel 2016 dipakai sebagai sistem untuk mengolah  hasil  keputusan dari hasil kuesioner yang telah dilakukan sebelumnya.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menurut penulis diperoleh 5 faktor utama yang mempengaruhi masyarakat dalam memilih perumahan di Kabupaten Karanganyar antara lain: persepsi harga, lokasi, keamanan dan kenyamanan, kelengkapan perumahan, dan legalitas. Setelah dilakukan pengolahan dengan metode F-AHP, faktor yang paling mempengaruhi masyarakat adalah keamanan dan kenyamanan terutama pada subfaktor aman dari kriminalitas.

Kata Kunci : Preferensi Masyarakat, Pemilihan Perumahan, Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP)