Abstrak


Efek ekstrak etanol daun nyamplung (Calophyllum inophyllum L) terhadap mortalitas larva nyamuk Aedes aegypti L.


Oleh :
Benedictus Aldo Nova Priyanka - G0015038 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Nyamuk Aedes aegypti L merupakan vektor dari penyakit Demam Berdarah Dengue. Pemberantasan jentik nyamuk ini (menggunakan Abate) yang dilakukan selama ini memiliki beberapa kerugian, salah satunya adalah residu yang sulit diurai, maka perlu dilakukan penelitian larvasida menggunakan bahan alami yang berasal dari tanaman. Daun Nyamplung (Calophyllum inophyllum L) mengandung senyawa flavonoid, tanin, saponin, dan epicatechin. Peneliti tertarik untuk mengetahui efek ekstrak etanol daun Nyamplung (Calophyllum inophyllum L) terhadap mortalitas larva nyamuk Aedes aegypti L.

Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah eksperimental laboratorik dengan rancangan post test only controlled group design. Obyek penelitian adalah larva Aedes aegypti L instar IV yang dibagi menjadi tujuh kelompok, masing-masing berisi 25 larva nyamuk dan dilakukan pengulangan sebanyak lima kali. Kelompok kontrol negatif menggunakan 100 ml akuades. Enam kelompok lainnya diberi ekstrak etanol daun Nyamplung yang terdiri dari 1,50%; 1,90%; 2,30%; 2,70%; 3,10%; 3,50%. Pengamatan dilakukan selama 24 jam kemudian dihitung jumlah larva nyamuk yang mati. Data diuji menggunakan Regresi Linear dan Analisis Probit.

Hasil Penelitian: Uji Regresi Linear menunjukkan hubungan antara jumlah larva nyamuk Aedes aegypti L yang mati dengan konsentrasi ekstrak etanol daun Nyamplung (Calophyllum inophyllum L)  memiliki persamaan Y = 0,289 X – 0,071. Nilai Korelasi sebesar R 0,980 menunjukkan hubungan erat antara kedua variabel karena mendekeati angka 1 serta Koefisien Determinasi sebesar R2 0,960 yang berarti persentase pengaruh variabel ekstrak etanol daun nyamplung terhadap mortalitas larva sebesar 96?n sisanya 4% dipengaruhi oleh variabel lain. Analisis Probit menunjukkan LC50 pada 2,098?n LC99 pada 4,143%.

Simpulan Penelitian: Ekstrak etanol daun Nyamplung (Calophyllum inophyllum L) berefek terhadap mortalitas larva Aedes aegypti L seiring dengan kenaikan konsentrasinya. LC50 pada 2,098?n LC99 pada 4,143%.

Kata Kunci: Ekstrak etanol daun Nyamplung (Calophyllum inophyllum L), larva Aedes aegypti L, mortalitas