Abstrak


Pembinaan Prestasi pada Ekstrakurikuler Bola Tangan Smait Bina Bangsa Sejahtera Bogor dalam Mencetak Pemain Nasional


Oleh :
Muhammad Dhiya Ulhaq - K5615051 - Fak. Keolahragaan

ABSTRAK

Muhammad Dhiya Ulhaq. K5615051. PEMBINAAN PRESTASI PADA EKSTRAKURIKULER SMA IT BINA BANGSA SEJAHTERA BOGOR DALAM MENCETAK PEMAIN NASIONAL. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2019.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pembinaan prestasi yang diterapkan 2) peran sekolah terhadap jalannya pembinaan prestasi 3) serta program latihan Tim Ekstrakurikuler Bola Tangan SMA IT Bina Bangsa Sejahtera Bogor.
    Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Subjek yang di jadikan sampel adalah orang-orang yang berhubungan dengan pembinaan itu sendiri, seperti, pelatih, pemain, pihak sekolah. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah snowball sampling. Pengumpulan data dengan tiga teknik yang peneliti gunakan selama penelitian ini berlangsung meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Triangulasi sumber dan triangulasi metode menjadi teknik uji validitas data dalam penelitian ini. Analisa data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa, 1) Tim Ekstrakurikuler Bolatangan telah meraih 27 prestasi dalam kurun waktu 2016-2019.  2) tahap pemassalan dan pembibitan terjadwal setiap tahunnya 3) Abdul Kadir pelatih tim bola tangan SMAIT Bina Bangsa Sejahtera Bogor saat ini menjadi pelatih Timnas Bola tangan Pantai. 4) Program latihan yang diterapkan tiga kali dalam satu minggu, 5) Sarana dan prasarana cukup memadai untuk menunjang proses pembinaan, 6) Dana untuk membiayai tim ekstrakurikuler berasal dari pemerintah, iuran siswa, dan dana operasional kegiatan siswa.
Simpulan dari penelitian ini adalah pertama, Tim Ekstrakurikuler bola tangan SMA IT Bina Bangsa Sejahtera Bogor (BBS) telah menerapkan pembinaan secara sistematis berdasarkan unsur-unsur dari pembinaan itu sendiri, pemassalan, pembibitan, dan prestasi. Kedua, pihak sekolah SMA IT Bina Bangsa Sejahtera Bogor mempunyai peranan penting dalam kelancaran pembinaan prestasi dengan membantu faktor-faktor pendukung. Ketiga, program latihan yang sudah cukup baik. Akan tetapi memiliki kekurangan dalam periodiasasi atau pembagian waktu dalam tahap program latihan yang belum tersusun dengan baik, hanya tahap persiapan yang secara teori sudah sesuai.


Kata Kunci: Pembinaan Prestasi, Bola Tangan, SMA IT Bina Bangsa Sejahtera Bogor, Pemain Nasional