Abstrak


Pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar spreadsheet siswa kelas X akuntansi di SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019


Oleh :
Ninik Indriyani - K7715037 - Fak. KIP

     Tolok ukur keberhasilan dan pencapaian siswa dalam dunia pendidikan salah satunya dapat dilihat dari prestasi belajar siswa. Ketidakyakinan terhadap kemampuan yang dimiliki dan kurangnya aktivitas belajar berdasarkan inisiatif sendiri dapat memengaruhi prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, siswa perlu memiliki efikasi diri dan kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara 1) efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa; 2) kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Spreadsheet siswa; 3) efikasi diri terhadap prestasi belajar Spreadsheet siswa; 4) efikasi diri terhadap prestasi belajar spreadsheet siswa secara tidak langsung melalui kemandirian belajar.
     Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 85 siswa, yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang efikasi diri dan kemandirian belajar. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar spreadsheet. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis).
     Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara semua variabel secara parsial yaitu efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa, kemandirian belajar terhadap prestasi belajar spreadsheet siswa, efikasi diri terhadap prestasi belajar spreadsheet siswa. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa efikasi diri dapat memengaruhi prestasi belajar spreadsheet siswa secara tidak langsung melalui kemandirian belajar.


Kata kunci: Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, dan Prestasi Belajar Spredsheet