Abstrak


Hubungan Masa Kerja dan Postur Kerja dengan Keluhan Musculoskeletal Disorder pada Pekerja Bagian Spinning PT. Bintang Makmur Sentosa Tekstil Industri (BMSTI) Sragen


Oleh :
Eri Kristiyaningsih - R0215037 - Fak. Kedokteran

Abstrak

Latar Belakang : Musculoskeletal disorder merupakan masalah kesehatan yang berhubungan dengan pekerjaan dan menjadi salah satu penyebab ketidakhadiran pekerja. Prevalensi keluhan musculoskeletal disorder di Indonesia berdasarkan Riskesdas adalah 11.9?n prevalensi berdasarkan pekerjaan sebanyak 31,2%. Faktor risiko yang menyebabkan keluhan musculoskeletal disorder adalah postur kerja yang tidak alamiah dan masa kerja pekerja yang sudah lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan masa kerja dan postur kerja dengan keluhan musculoskeletal disorder.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik, dengan desain cross sectional. Responden penelitian dari pekerja unit spinning PT Bintang Makmur Sentosa Tekstil Industri sejumlah 63 responden dari 150 pekerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode REBA untuk menilai postur kerja, wawancara untuk mengetahui masa kerja, dan kuesioner NBM untuk menilai keluhan musculoskeletal disorder. Teknik analisis data menggunakan uji pearson product moment dan uji regresi linier berganda.
Hasil : Hasil uji korelasi pearson menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara masa kerja dengan keluhan musculoskeletal disorder dengan nilai p value 0.000, nilai arah korelasi (+), dan koefisien korelasi 0.509. Hasil uji statistic pearson juga menunjukkan hubungan signifikan antara postur kerja dengan keluhan musculoskeletal disorder dengan nilai p value 0.000, nilai arah korelasi (+), dan koefisien korelasi 0.638. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan masa kerja berpengaruh terhadap keluhan musculoskeletal disorder dengan nilai p value 0.000 dan arah korelasi (+). Variabel postur kerja juga berpengaruh terhadap keluhan musculoskeletal disorder dengan nilai p value 0.000 dan arah korelasi (+). Proporsi pengaruh masa kerja dan postur kerja 54,2% terhadap keluhan musculoskeletal disorder.
Simpulan : Ada hubungan signifikan antara masa kerja dan postur kerja dengan keluhan musculoskeletal disorder
Kata Kunci : Keluhan Musculoskeletal Disorder, Postur Kerja, Masa Kerja