Abstrak


Hubungan Intensitas Penerangan Terhadap Tingkat Konsentrasi Tenaga Kerja Unit Inspecting dan Folding di PT Kosoema Nanda Putra, Klaten


Oleh :
Iswara Irsyad Pradiptaya - R0215054 - Fak. Kedokteran

Abstrak

Latar Belakang : Penerangan dibutuhkan pekerja untuk melakukan aktivitas pekerjaan dengan jelas. Intensitas penerangan yang kurang dapat menyebabkan lelah visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas penerangan terhadap tingkat konsentrasi pada tenaga kerja unit inspecting dan folding di PT Koseoma Nanda Putra, Klaten.
Metode : Jenis penelitian ini adalah observational analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 149 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan kriteria inklusi dan ekslusi yang telah ditentukan didapatkan sampel minimal sejumlah 75 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah luxmeter, lembar Uji Grid concentration test dan lembar Informed Consent. Penelitian telah terdaftar dalam layak etik. Analisis bivariat menggunakan uji statistik spearman.
Hasil : Hasil uji statistik dengan uji korelasi spearman untuk menguji hubungan intensitas penerangan dengan tingkat konsentrasi menghasilkan p= 0,012 dan r 0,300 yang menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dengan kekuatan korelasi lemah dan arah korelasi positif.
Simpulan : Ada hubungan intensitas penerangan dengan tingkat konsentrasi pada tenaga kerja unit inspecting dan folding di PT Kosoema Nanda Putra, Klaten.
Kata Kunci : Intensitas Penerangan, Tingkat Konsentrasi Kerja