Abstrak


Peran Generasi Pesona Indonesia dalam Pengembangan Pariwisata di Pasar Digital Menoreh Desa Sedayu Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo


Oleh :
Ragita Dwi Rahmawati - B3216043 - Fak. Ilmu Budaya

Abstrak

Pasar Digital Menoreh adalah salah satu destinasi digital baru yang berada di Kabupaten Purworejo, letaknya yang strategis berdekatan dengan Kabupaten Purworejo dan Yogyakarta menjadi destinasi unggulan Kabupaten Purworejo. Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Purworejo sebagai komunitas yang dibentuk oleh Kementrian Pariwisata turut berperan dalam keberlangsungan Pasar Digital Menoreh. Penulisan laporan dalam penelitian terdapat perumusan masalah : Apa saja unsur 3A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas) yang ditawarkan Pasar Digital Menoreh, Apa saja kendala serta solusi Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Purworejo dalam pengembangan pariwisata Pasar Digital Menoreh, Bagaimana peran Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Purworejo dalam pengembangan pariwisata Pasar Digital Menoreh.
Metode yang digunakan di dalam penulisan tugas akhir ini adalah metode deskriptif yaitu metode dengan menggambarkan objek yang diamati secara jelas dan terperinci, sedangkan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penulisan laporan ini yaitu observasi lapangan secara langsung di Pasar Digital Menoreh, wawancara serta studi pustaka sebagai tambahan informasi dan ilmu dari sumber yang berbeda.
Hasil penelitian ini bahwa Pasar Digital Menoreh merupakan destinasi wisata yang memiliki beragam potensi, mulai dari suasana pedesaan yang masih terjaga keasriannya hingga ramah tamah masyarakatnya. Obyek wisata ini, menawarkan pengalaman mengunjungi pasar tradisional yang dikemas dengan konsep saat ini. Atraksi wisata yang ditawarkan di Pasar Menoreh juga cukup menarik dengan adanya kesenian Jathilan, Tari Lengger, dan kuliner khas Pasar Menoreh yaitu Gudeg Welut.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah peranan GenPI dalam memajukan Pasar Digital Menoreh tidak dapat dikatakan sia-sia, mulai dari sosialisai, pemberdayaan, hingga pelatihan masyarakat sekitar, telah membuahkan hasil dengan terciptanya obyek wisata Pasar Digital Menoreh. Dalam pengembangan wisata Pasar Menoreh terdapat beberapa kendala yang dihadapi diantaranya, di sektor sumber daya manusia yang butuh bimbingan tindak lanjut, aksesibilitas, serta transportasi umum.
Kata kunci : Peran, Generasi Pesona Indonesia, Pengembangan, Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Wisata, Pasar Digital Menoreh, Purworejo.