Abstrak


Pengembangan Media Pembelajaran Buzzer Quiz sebagai Alat Bantu pada Teknik Cerdas Cermat


Oleh :
Adhimas Bayu Sudibya - K2512008 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran buzzer quiz sebagai alat bantu pada teknik cerdas cermat, (2) mengetahui nilai kelayakan media pembelajaran buzzer quiz (3) mengetahui respon mahasiswa terhadap media pembelajaran buzzer quiz.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Penelitian menggunakan model pengembangan menurut Sugiyono (2015). Prosedur pengembangan yang digunakan : (1) potensi dan masalah, (2) studi literatur dan pengumpulan informasi, (3) perancangan produk, (4) pembuatan produk, (5) validasi ahli, (6) uji coba terbatas, (7) revisi produk dan (8) produk akhir. Subjek uji coba pada penelitian dan pengembangan ini adalah (1) satu orang ahli teknik (2) satu orang ahli media (3) delapan belas orang mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun akademik 2015/2016. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket untuk validas ahli dan uji coba terbatas. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.
Hasil dari penelitian adalah (1) media pembelajaran buzzer quiz sebagai alat bantu pada teknik cerdas cermat, (2) hasil kelayakan dari media pembelajaran buzzer quiz sebagai berikut : perolehan persentase nilai dari ahli teknik sebesar 86,32% termasuk dalam kategori sangat layak dan perolehan persentase nilai dari ahli media sebesar 89,52% termasuk dalam kategori sangat layak, (3) respon mahasiswa terhadap media pembelajaran buzzer quiz mendapatkan persentase nilai sebesar 79,03% termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian media pembelajaran buzzer quiz sebagai alat bantu pada teknik cerdas cermat sangat layak untuk digunakan.