Abstrak


Penggunaan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Materi Lembaga Eksekutif ( PTK) pada Peserta Didik Kelas IV SDN 02 Sringin, Jumantono, Tahun Ajaran 2015/2016)


Oleh :
Adiwidiawan Arifin - K7112003 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan pada materi lembaga eksekutif melalui penggunaan metode Index Card Match,  pada peserta didik kelas IV SDN 02 Sringin, Jumantono Tahun Pelajaran 2015/2016.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 02 Sringin Jumantono yang berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitan ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan motivasi belajar PKn peserta didik kelas IV SDN 02 Sringin tahun 2015/2016. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya data motivasi belajar peserta didik pra tindakan dengan rata-rata skor sebesar 2,4. Pada pra tindakan peserta didik yang mencapai ketuntasan sebesar 38,5% (10 peserta didik). Kemudian data tersebut menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan pada pasca tindakan (siklus II) dengan rata-rata skor 3,3. Pada pasca tindakan (siklus II) peserta didik yang mencapai ketuntasan sebesar 100% (26 peserta didik).