Abstrak


Analisis Pelaksanaan Standard Operational Procedure (SOP) Pembuatan Recipe pada Food and Beverage Product Department di Hotel Best Western Premier Solo Baru. Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata


Oleh :
Aghnia Hauna Nisa - C9413002 - Fak. Ilmu Budaya

Laporan  Tugas  Akhir  ini  berisi  tentang  analisis  pelaksanaan  Standard Operational  Procedure  (SOP)  Pembuatan  Recipe  pada  Food  and  Beverage Product Department di hotel Best Western Premier Solo Baru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan standard operational procedure (SOP) pembuatan recipe pada karyawan food and beverage product department.
Dalam   penulisan   Laporan   Tugas   Akhir   ini   menggunakan   metode penelitian kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan), wawancara, studi dokumen dan arsip penunjang lainnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa standard operational procedure (SOP) pembuatan recipe di hotel Best Western Premier Solo Baru dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu menentukan jenis masakan, mempersiapkan  bahan  masakan,  menentukan  metode pengolahan,  menentukan ukuran porsi, dan melaksanakan test food. Selanjutnya sosialisasi standard operational procedure (SOP) recipe dilakukan melalui training standard operational procedure (SOP) recipe dan diingatkan pada saat briefing. Adapun kendala pelaksanaan standard operational procedure recipe yang ditemukan di hotel Best Western Premier Solo Baru adalah kurangnya kedisiplinan kerja dalam hal kedisiplinan waktu dan kurangnya kedisiplinan dalam operasional pelayanan.
Kesimpulan dalam penelitian ini, yaitu karyawan food and beverage product department di hotel Best Western Premier Solo Baru mempunyai peranan yang sangat penting untuk menghidangkan makanan dan minuman karena karyawan food and beverage product department bertugas di area dapur hotel Best Western Premier Solo Baru. Oleh sebab itu, karyawan food and beverage product department harus mempunyai etos kerja yang baik dan mengetahui ilmu pengetahuan tentang perhotelan khususnya dibidang food and beverage product untuk meningkatkan kualitas kinerja.