Abstrak


Implementasi Negosiasi Tingkat Keuntungan terhadap Akad Murabahah pada Bank Syariah (Studi terhadap Nasabah Debitur pada BRI Syariah Kantor Cabang Surakarta)


Oleh :
Ahmad Rifai - E0015020 - Fak. Hukum

Abstrak
Penelitian hukum berjudul “Implementasi Negosiasi Tingkat Keuntungan terhadap Akad Murabahah Pada Bank Syariah (Studi terhadap Nasabah Debitur pada BRI Syariah Kantor Cabang Surakarta)” bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi negosiasi tingkat keuntungan terhadap akad murabahah pada BRI Syariah Kantor Cabang Surakarta serta apa saja faktor yang menyebabkan nasabah debitur dalam menentukan tingkat keuntungan. Penelitian hukum ini merupakan penelitian empiris atau non-doktrinal, dan bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber bahan hukum yang digunakan berupa data primer dan data sekunderyang relevan dengan penelitian hukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumen kemudian dianalisis menggunakan teknis analisis interaktif dengan pola berfikir induktif.
Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh penulis adalah bahwa BRI Syariah Kantor Cabang Surakarta telah mengimplementasikan negosiasi dengan baik sesuai apa yang diatur dalam fatwa DSN MUI NO: 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang Murabahah dan fatwa DSN MUI NO: 11/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad Jual Beli Murabahah sebagai aturan teknis perbankan syariah di Indonesia. Walaupun demikian, masih ada beberapa kecil kasus dimana negosiasi terkait tingkat
keuntungan tidak terlaksana karena tidak adanya inisiasi dari pihak bank maupun pihak nasabah. Sedangkan faktor terbesar nasabah menyepakati tingkat keuntungan adalah kerelaan. Sedangkan faktor lainnya adalah karena terdesak dalam ekonomi sehingga terpaksa untuk menyetujui tingkat keuntungan tersebut.
Kata Kunci: Bank Syariah, Implementasi, Negosiasi, Tingkat Keuntungan,  Murabahah