Abstrak


Strategi Kreatif Produksi Acara “Area Dangdut” Terang Abadi Televisi (TaATV) dalam Mempertahankan Eksistensi Program (Studi Deskriptif Strategi Kreatif Produksi Acara “ Area Dangdut” Terang Abadi Televisi (TATV) dalam Mempertahankan Eksistensi Program)


Oleh :
Natsir Ahmad Musthofa - D1216044 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan produser dalam memproduksi dan mempertahankan eksistensi program Area Dangdut TATV. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui aktivitas komuikasi antara permirsa dengan program Area Dangdut TATV, serta  menjadi media pembelajaran bagi para mahasiswa dan orang-orang yang ada di dunia media. Area Dangdut ber produksi dari awal berdiri TATV di tahun 2004 hingga sampai  sekarang Area Dangdut TATV masih tetap ada. Area Dangdut TATV menjadi program musik pertama dan terlama di TATV.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data utama yang diperoleh dari observasi mengamati, wawancara dan menguraikan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi, dalam produksi  Area Dangdut TATV dengan pemirsa atau audien. sedangkan data pendukung diperoleh dari dokumentasi seperti gambar dan bahan referensi lainnya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Hidajanto Djamal, Askurifai Baksin, Fred  Wibowo, format acara, sarana produksi, dan komuinikasi. Di penelitian ini dari sisi komunikasinya ada di antara permirsa dengan artis yang ada di acara Area Dangdut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat sejumlah aktivitas komunikasi antara produser dengan berbagai tim kreatif, artis pengisi acara, dan seluruh crew Area Dangdut TATV. Di dalam produksi Area Dangdut TATV juga ada telefon interaktif langsung permirsa dirumah dengan artis yang ada di studio Area Dangdut TATV. Banyak tanggapan yang baik dari permirsa terhadap program Area Dangdut TATV.

Kata Kunci : deskriptif kualitatif, aktivitas komunikasi, strategi eksistensi program, prmirsa, Area Dangdut TATV.