Abstrak


Pembuatan aplikasi “The plantae” menggunakan augmented reality technology sebagai media pembelajaran dan pengenalan struktur organ pada tumbuhan bagi siswa kelas 5 sekolah dasar


Oleh :
Ilham Muhamad - M3113074 - Fak. MIPA

Pembelajaran adalah suatu kegiatan manusia yang berupaya memperoleh pengetahuan dan informasi yang menyebabkan adanya hasil belajar yang diingat terus menerus. Pembelajaran yang diterapkan pada siswa kelas 5 sekolah dasar bertujuan agar siswa dapat membedakan antara tanaman dikotil dan tanaman monokotil   berdasarkan   jenis   akar.   Banyak   siswa   yang   belum   memahami perbedaan tersebut dikarenakan kurangnya pengenalan struktur tumbuhan di lingkuungan sekolah.
Media belajar berupa aplikasi 3D augmented reality dapat dibuat menggunakan metode waterfall, dimana metode ini diawali dengan tahap inisiasi, pada tahap ini dilakukan pembuatan proposal, penentuan konsep aplikasi, dan pengumpulan data. Selanjutnya dilakukan desain sistem dimana developer merancang suatu arsitektur sistem berdasarkan tahap sebelumnya, lalu dilakukan implementasi dimana keseluruhan desain sistem akan diintegrasikan menjasi sebuah sistem yang lengkap. Tahap selanjutnya adalah integrasi dan testing, dimana sistem yang sudah dibuat akan diintegrasi dan dilakukan pengujian. Tahap yang terakhir adalah pemeliharaan, diantaranya dilakukan instalasi dan proses perbaikan sistem apabila ditemukan adanya kesalahan/bug.
Media  pembelajaran  berupa  augmented  reality  untuk  memberikan pemahaman pada siswa kelas 5 sekolah dasar tentang perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil berdasarkan jenis akar dapat diberlakukan, siswa dapat mengoprasikan apalikasi dengan baik diiringi bimbingan dari guru yang mengajar menggunakan perangkat smartphone berspesifikasi minimum RAM 1GB.