Abstrak


Analisis Rasio Likuiditas dan Rasio Profitabilitas pada Perusahaan Rokok Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018


Oleh :
Warih Yogabhakti Wicaksana - F3316057 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Pernelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan rokok yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2016-2018 dilihat dari rasio likuiditas dan rasio profitabilitas.Obyek yang digunakan dalam tugas akhir ini yaitu data laporan keuangan periode 2016-2018. Metode analalisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif, yaitu suatu analisis yang mendeskripsikan data-data untuk menarik kesimpulan.

Hasil analisis ini menunjukkan bahwa PT. H.M Sampoerna Tbk. menjadi perusahaan yang terbaik ditinjau dari rasio likuiditas dan rasio profitabilitas. Untuk urutan kedua dalam analisis rasio likuiditas adalah PT. Wismilak I.M Tbk. sedangkan PT. Gudang Garam Tbk dan PT Bentoel Internasional Tbk. memiliki rasio likuiditas yang hampir sama. Untuk urutan kedua dalam perhitungan rasio profitabilitas adalah PT. Gudang Garam Tbk. sedangkan PT. Wismilak I.M Tbk. mengalami penurunan rasio profotabilitas, dan pada tahun 2016-2018 PT. Bentoel Internasional Tbk. mengalami kerugian.