Abstrak


Pembuatan virtual reality de Tjolomadoe zona stasiun penguapan di Karanganyar berbasis android


Oleh :
Moza Nailur Rizma - M3116043 - Fak. MIPA

Virtual Reality merupakan suatu teknologi multimedia yang digunakan dalam pembuatan aplikasi virtual reality De Tjolomadoe yang dapat mendeskripsikan sebuah keadaan, tempat, maupun objek benda dimana visualisasi yang ditampilkan tidak hanya dilihat dari satu sudut pandang saja, melainkan dari sudut pandang mana pun karena membekali visual tiga dimensi (3D).
Pembuatan aplikasi Virtual Reality De Tjolomadoe Zona Stasiun Penguapan di Karanganyar yang Berbasis Android dilatar belakangi oleh revitalisasi bangunan yang mana dulu merupakan bekas pabrik gula kemudian dikembangkan oleh BUMN sebagai pusat wisata budaya di Karanganyar. Bengunan yang baru diresmikan tahun 2017 ini menjadikan mahasiswa Teknik Informatika UNS tertarik untuk mengadakan kerjasama untuk membuat Virtual Reality guna memenuhi Tugas Akhir mahasiswa.
Dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan metode penelitian GDLC (Game Development Life Cycle) yang diawali pada tahap perumusan ide (inisiasi), desain karakter (pre-produksi), perancangan alur aplikasi (produksi), uji coba internal, uji coba eksternal (beta), dan yang terakhir rilis aplikasi.
Hasil dari aplikasi yang dibuat yaitu berupa visualisasi dari De Tjolomadoe dalam bentuk aplikasi virtual reality yang dapat dijalankan pada smartphone Android dengan menggunakan kacamata vr serta bluetooth remote controller (joystick). Di dalam virtual reality tersebut disajikan objek berupa 2D maupun 3D yang menyerupai objek sebenarnya dengan menambahkan efek suara serta animasi. Selain itu terdapat dua jenis game interaksi dengan genre yang berbeda, yaitu endless runner dan escape room.

Kata kunci: Teknologi, Virtual Reality, De Tjolomadoe, Stasiun Penguapan