Abstrak


Potensi alam desa Ponggok sebagai daerah pengembangan olahraga rekreasi dan wisata olahraga air bagi masyarakat wilayah kabupaten klaten (studi fenomenologis tentang masyarakat yang melakukan aktivitas olahraga rekreasi dan wisata olahraga air di desa Ponggok)


Oleh :
Muhammad Rusyanto Fitriantono - A121608037 - Pascasarjana

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengkaji pengelolaan potensi alam Desa Ponggok Klaten, mengidentifikasi upaya pengembangan olahraga rekreasi dan wisata olahraga air di Desa Ponggok Klaten, menjelaskan realitas perkembangan olahraga rekreasi dan wisata olahraga air yang terjadi di Desa Ponggok, mendeskripsikan peran Desa Ponggok untuk mendukung pengembangan pariwisata Kabupaten Klaten, mengidentifikasi profil masyarakat pengunjung yang berwisata di Desa Ponggok Klaten.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Ponggok Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah, menggunakan jenis penelitian kualitatif disajikan dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Pengelolaan potensi alam Desa Ponggok Klaten untuk sektor pertanian mayoritas ditanami padi, pemanfaatan sumber mata air digunakan untuk perikanan dan pariwisata. Dalam menyusun perencanaan dilaksanakan melalui sebuah musyawarah desa dan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di desa Ponggok. 2) Upaya pengembangan olahraga rekreasi dan wisata olahraga air di Desa Ponggok Klaten diprogramkan dengan jelas, direncanakan dengan RAB, dan manajemen keuangan yang jelas pula. 3) Realitas perkembangan olahraga rekreasi dan wisata olahraga air yang terjadi di Desa Ponggok dulu hanya digunakan untuk kegiatan berenang oleh pengunjung, sekarang dengan pengembangan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Ponggok lewat BUMDES sudah ada fasilitas seperti persewaan masker, snorkel, tabung dan pelampung untuk kegiatan snorkeling dan diving. 4) Peran Desa Ponggok untuk mendukukung pengembangan pariwisata Kabupaten Klaten yaitu mengikuti kegiatan yang diadakan oleh pemerintah dengan memeriahkan, berkontribusi, dan transfer ilmu dengan peserta dari daerah lain. 5) Pengunjung yang datang ke Desa Ponggok yaitu dari daerah Klaten, dari luar kota Klaten, dan dari luar negeri. Pengunjung dari mancanegara paling banyak dari Malaysia. Selain Malaysia juga ada dari Belanda, Cina, Thailand dan Korea. Tiap tahun pengunjung yang datang di Desa Ponggok semakin meningkat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan adanya olahraga rekreasi dan wisata olahraga air dapat memberikan edukasi dan manfaat secara tidak langsung bahwa saat melakukan rekreasi juga sedang melakukan aktivitas olahraga seperti berenang, snorkeling, diving, outbond, memancing dan bermain air. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan harapannya dapat memberikan manfaat bagi pengunjung, memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif, badan menjadi fresh dan pikiran menjadi senang.
Kata Kunci: Potensi Alam, Olahraga Rekreasi, Wisata Olahraga Air