Abstrak


Analisis SWOT Sebagai Strategi Peningkatan Prestasi Mahasiswa pada UKM Tapak Suci Universitas Sebelas Maret Tahun 2019


Oleh :
Muhammad Abdul Rozzak - K4615065 - Fak. KIP

Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui faktor internal (kekuatan dan kelemahan) UKM Tapak Suci UNS. 2) Untuk mengetahui faktor eksternal (peluang dan ancaman) UKM Tapak Suci UNS. 3) Untuk menentukan kebijakan pengelolaan program latihan yang didasarkan pada analisis SWOT. 4) Untuk menentukan strategi dalam meningkatkan prestasi UKM Tapak Suci UNS yang didasarkan pada analisis SWOT.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pelatih, pengurus, dan atlet UKM Tapak Suci UNS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuisioner, dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode data non statistik (analisis data deskriptif kualitatif).

Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan 1) Nilai kekuatan paling tinggi terdapat pada poin peran pelatih berpengaruh terhadap tercapainya prestasi dengan bobot 3,44 atau bobot item 0,116 ini menunjukkan bahwa pelatih UKM berpengaruh besar terhadap tercapainya prestasi UKM Tapak Suci UNS. 2) Nilai kelemahan paling tinggi terdapat pada poin keterbatasan anggota dalam melaksanakan program kerja dengan bobot 2,28 atau bobot item 0,077 ini menujukkan bahwa UKM Tapak Suci UNS belum maksimal dalam melaksanakan program kerja. 3) Nilai peluang paling tinggi terdapat pada poin  baiknya prestasi yang sudah di capai UKM Tapak Suci UNS dengan bobot 3,64 atau bobot item 0,138  ini menunjukkan bahwa UKM Tapak Suci mempunyai prestasi yang baik. 4) Nilai ancaman paling tinggi terdapat pada poin rendahnya minat mahasiswa terhadap UKM Tapak Suci UNS dengan bobot 2,48 atau bobot item 0,094 ini menunjukkan bahwa UKM harus siap dengan ancaman eksternal