Abstrak


Pembuatan Aplikasi Virtual Reality Museum R Hamong Wardoyo Boyolali Menggunakan Unity 3D Game Engine Berbasis Android


Oleh :
Adil Rachman Hariyatno - M3115008 - Fak. MIPA

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknologi Virtual Reality ke dalam pariwisata edukasi yang ada di kabupaten Boyolali sekaligus sebagai alternatif media promosi Museum R Hamong Wardoyo yang mana dapat memudahkan wisatawan Boyolali dan sekitarnya untuk mendapatkan informasi mengenai Museum R Hamong Wardoyo Boyolali sebelum wisatawan datang mengunjunginya.

Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan teknologi Virtual Reality dengan keseluruhan objek yaitu Bangunan Museum dan isinya. Metodologi yang diambil dalam pembuatan aplikasi ini yaitu dengan menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Kemudian, software utama yang penulis gunakan adalah Blender dan unity game Engine.

Berdasarkan hasil pengujian, semua komponen dalam aplikasi dapat berjalan dengan baik dengan penggunaan perangkat mobile android yang berbeda spesifikasi yang digunakan dalam pengujian. Hasil kuisioner yang telah dilakukan terhadap 34 responden, maka dapat disimpulkan bahwa pengguna merasa kualitas dari virtual reality yang saya buat terhitung baik, panduan yang disediakan sudah memudahkan dalam menggunakan aplikasi. Button navigasi yang dibuat mudah dimengerti responden. Model karakter yang dikembangkan cukup memberikan ilustrasi Museum R Hamong Wardoyo Boyolali. Aplikasi yang dibuat penulis menghasilkan jawaban baik sekali dan baik mendominan. Dari hasil responden Aplikasi Virtual Reality Museum R Hamong Wardoyo Boyolali Menggunakan Unity 3D berbasis Android dapat disimpulkan baik.