Abstrak


Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Upah dan Pendidikan Terhadap Pengangguran di Jawa Tengah Tahun (2013-2017)


Oleh :
Azhar Najib Arraid P - F1117015 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Banyaknya tenaga kerja yang terserap akan menyebabkan produksi barang dan jasa mengalami peningkatan, dimana peningkatan tersebut akan membuat pendapatan semakin meningkat sehingga masyarakat menjadi semakin makmur dan sejahtera. Akan tetapi dalam hal penyediaan lapangan pekerjaan, Jawa Tengah dihadapkan pada kenyataan bahwa lapangan kerja yang tersedia masih terbatas jika dibandingkan dengan jumlah angkatan kerja yang tercipta. Hal tersebutlah yang akan menyebabkan terjadinya pengangguran. Setiap tahunya jumlah pengangguran di Jawa Tengah mengalami penurunan akan tetapi, laju penurunan jumlah pengangguran tersebut berjalan semakin lambat disetiap tahunya.Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menemukan pengaruh pertumbuhan ekonomi, upah dan pendidikan terhadap pengangguran di Jawa Tengah tahun 2013-2017.
Data penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah . Teknik analisis data menggunakan metode analisis regresi data panel.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa upah berpengaruh negatif signifikan terhadap pengangguran di Provinsi Jawa Tengah dimana jika upah mengalami kenaikan maka jumlah pengangguran akan mengalami penurunan. Sedangkan pertumbuhan ekonomi dan pendidikan tidak berpengaruh terhadap pengangguran di Provinsi Jawa Tengah tahun 2013-2017
Diharapkan pemerintah  lebih mengembangkan  industri-indusri  baru  padat  karya  atau  memfokuskan sektor yang mampu menyerap tenaga kerja seperti UMKM dimana sektor tersebut  mempunyai potensi  besar  yang  dapat menyerap banyak tenaga kerja dan sebaiknya pemerintah tetap mempertahankan kestabilan upah sehingga perusahaan tidak merasa keberatan dengan tingkat upah yang ditentukan, dimana  hal itu akan membuat tenaga kerja yang dipekerjakan meningkat. Pendidikan yang tinggi tentunya akan membuat sumber daya manusia semakin berkualitas dan sebaiknya pemerintah memberikan pelatihan juga pengarahan supaya sumber daya manusianya mendapatkan skill yang dibutuhkan dunia kerja saat ini dan menapatkan pekerjaan.

Kata Kunci : Pengangguran, Pertumbuhan Ekonomi, Upah, Pendidikan